Hati-Hati Bermain Hati — Andri Cung Dalam ‘Merindu Mantan’

 

Merindu Mantan Viddsee Shortee ss6 krk

‘Merindu Mantan’ mengeksplorasi kebudayaan Jawa melalui tradisi ilmu hitam dan dipadukan dengan kisah patah hati seorang wanita.

Apa yang ada di dalam benak pria berusia 33 tahun ini saat mengangkat kisah balas dendam dan ilmu hitam melalui kacamata seorang wanita Jawa?

Kami berbincang seru dengan Andri Cung, sosok yang ada di balik Merindu Mantan selaku Viddsee Shortee bulan Agustus 2015, film pendek yang paling banyak ditonton, disukai, serta diperbincangkan di bulan lalu!

 

Merindu Mantan adalah sebuah kisah balas dendam yang sangat menarik. Apa yang menjadi inspirasi anda saat mengangkat tema ini ke dalam Merindu Mantan?

Andri: Ketertarikan saya justru bukan pada unsur balas dendamnya, melainkan patah hati.

Saya rasa, patah hati adalah sebuah pengalaman yang pernah dialami semua orang. Dampaknya luar biasa. Banyak orang kemudian kehilangan akal sehat karenanya.

Merindu Mantan adalah pilihan ekstrim yang dilakukan seorang wanita yang patah hati: menggunakan ilmu hitam dan guna-guna kepada mantan kekasihnya untuk membalaskan dendam.

Merindu Mantan Viddsee Shortee ss9 krk

 

Dalam konstelasi budaya Indonesia, wanita Jawa terkenal dengan kelembutan dan kebiasaannya yang cenderung nrimo. Apa yang membuat anda mengisahkan sebuah kisah balas dendam dari kacamata wanita Jawa?

Andri: Bagi saya, budaya Jawa memiliki visual dan bunyi yang indah. Saat pertama kali membaca naskahnya, saya memang langsung ingin mengangkat budaya mistis Jawa, seperti Kejawen dan musiknya yang unik.

Berangkat dari sana, saya ingin menggambarkan betapa besarnya sakit hati yang dialami wanita Jawa ini sehingga ia sanggup melakukan hal yang begitu ekstrem demi membalaskan dendamnya.

 

‘Revenge’ arahan Andri Cung (Indonesia) di Viddsee:

Subscribe to Viddsee

Sutradara: Andri Cung
Produser: Edward Gunawan
Direktur fotografi: Anggi “Cumit” Frisca
Penulis naskah: Ve Handojo
Dibintangi Aimee Saras, Ranggad Djoned dan Novita Savitri

 

Di jaman modern seperti sekarang, ilmu hitam biasanya sudah dianggap ketinggalan. Bagaimana anda melihat relevansi antara ilmu hitam seperti santet dengan masyarakat modern?

Andri: Bagi sebagian masyarakat modern, mereka mungkin sudah tidak ingin percaya. Padahal kenyataannya, ilmu hitam adalah bagian dari sejarah di Asia Tenggara.

Banyak kemudian yang bertanya-tanya apakah ilmu hitam tersebut nyata atau tidak. Pertanyaan tersebut menarik untuk dieksplor, walau pada akhirnya jawaban tentang kebenarannya menjadi tidak terlalu penting.

Merindu Mantan Viddsee Shortee ss7 krk

 

Merindu Mantan menerima sambutan yang begitu beragam di Viddsee. Apa yang sebenarnya anda ingin sampaikan kepada para penonton?

Andri: Hati-hati bermain hati. Apa yang tidak menyakitkan bagi kita, bisa jadi menyakitkan bagi orang lain.

Tapi sekuat apapun rasa sakit hati dan dendam yang kita miliki, masalah tak akan terselesaikan dengan ilmu hitam. Yang tersisa hanya rasa nelangsa.

 

Andri Cung Viddsee Shortee Revenge Merindu Mantan krk

Sutradara Andri Cung

Film panjang pertama anda, The Sun, The Moon, and The Hurricane, kini sedang beredar di banyak festival, dan kami sudah tak sabar dengan karya anda yang lain. Apa yang akan menjadi proyek anda selanjutnya?

Andri: Saya ingin mengangkat sebuah kisah nyata mengenai HIV/AIDS ke dalam format web series. Saat ini masih dalam tahap persiapan, dan saya akan menulis sekaligus menyutradarai series yang rencananya berjudul Kisah Carlo.

Selain itu, kami saat ini sedang tahap pengembangan film feature saya yang selanjutnya, December.

Wish me luck!

Film pendek Merindu Mantan adalah Viddsee Shortee kami untuk Agustus 2015.

Seterusnya, nonton #NoFilter: Wajah wanita ini berubah mengerikan gara-gara kebanyakan selfie!

Want more awesome stories?